Anime, Manga, Cartoon, Komik Dan Webtoon

Ngomongin tentang dunia fantasi dan imajinasi, selalu ada kaitannya dengan yang namanya animasi (gambar bergerak) dan cerita bergambar. Animasi itu sendiri lebih banyak dikenal melalui film, yang sering disebut film Cartoon atau Anime. Dua istilah tersebut (Cartoon dan Anime) sama-sama menyajikan film animasi.

Hanya saja istilah Cartoon lebih dikenal dari dunia bagian barat, khususnya Amerika atau Hollywood. Sementara Anime adalah istilah film animasi yang diproduksi oleh Jepang. Karena penggemar Anime cukup fanatik, terkadang mereka tidak mau kalo Anime itu disebut Cartoon, dengan alasan yang sangat beragam, salah satunya yaitu Anime mempunyai jalan cerita yang genrenya sudah ditentukan. Bahkan untuk membahas macam-macam genre Anime itu sendiripun perlu penjelasan yang panjang, karena mereka punya istilah-istilah tersendiri dan semuanya diambil dari istilah bahasa Jepang tentunya. Akupun termasuk penggemar berat Anime (hehehe).
Sama halnya dengan Anime dan Cartoon, Manga dan Komik pun adalah dua istilah yang memiliki arti yang sama yaitu cerita bergambar. Manga adalah istilah untuk cerita bergambar yang diproduksi oleh Jepang. Sementara Komik adalah istilah untuk cerita bergambar yang diproduksi oleh negara-negara selain Jepang. Yang membedakan Manga dan Komik salah satunya yaitu Manga punya genre yang spesifik sama seperti Anime dan ceritanya juga lebih bervariatif. Seiring dengan berkembangnya teknologi, sekarang banyak aplikasi dan website yang menyajikan Manga dan Komik secara digital. Sehingga memudahkan para penggemar untuk membaca berbagai macam cerita, kapanpun dan dimanapun tanpa harus membawa banyak buku (Manga atau Komik).
Salah satu aplikasi komik yang sekarang cukup terkenal adalah Webtoon (yang berasal dari Korea Selatan). Aplikasi tersebut langsung booming karena berani menyajikan komik digital secara gratis hanya dengan mendownload aplikasinya saja. Selain itu, ada juga kolom untuk para pemula yang ingin mencoba masuk ke dunia komikus, sehingga karya yang mereka buat bisa diketahui banyak orang dan diapresiasi. Sementara komik-komik yang lolos seleksi dan cukup profesional, mereka akan terbit setiap minggunya sesuai jadwalnya masing-masing. Genre yang disajikanpun cukup beragam, bahkan cerita-ceritanya tidak kalah menarik dari Manga dan Komik yang disajikan secara offline (dalam bentuk buku). Banyak pula cerita-cerita populer dan favorit yang diterjemahkan kedalam berbagai bahasa, karena Webtoon mempunyai fanpage tersendiri untuk setiap negaranya.

0 Response to "Anime, Manga, Cartoon, Komik Dan Webtoon"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel